Rabu, 19 Oktober 2016


MAKALAH
PENGANTAR TEKNOLOGI INTERNET DAN NEW MEDIA
"DEFINISI NEW MEDIA"

ADI PRATAMA
50415130
2IA16

UNIVERSITAS GUNADARAMA


Pengertian NEW MEDIA
NEW MEDIA terdiri dari 2 suku kata yaitu, “new” dan “media” , yang memiliki arti new adalah baru dan media adalah perantara. Jadi new media merupakan tempat sarana perantara yang baru. NEW MEDIA juga disebut sebagai sarana teknologi  di bidang computer, digital dan jaringan yang dapat dilihat sebagai efisisen efektifitas, waktu, dan distribusinya.
Menurut everett m. Rogers (dalam abrar, 2003:17-18) merangkumkan perkembangan media komunikasi ke dalam empat era. Pertama, era komunikasi tulisan, kedua, era komunikasi cetak, ketiga, era telekomunikasi, dan keempat, era komunikasi interaktif. Media baru adalah media yang berkembang pada era komunikasi interaktif.
Pandangan NEW MEDIA
Pandangan new media  terhadap manusia memiliki pengaruh positif dan negative. Positif nya karakternya yang merupakan bentuk digital tentu memudahkan dalam bertukar informasi dan berbagai kegiatan lainnya.  Dan info dari media sangat mudah dan sangat cepat,dapat di akses di mana pun serta mendapatkannya sangat lah murah. Negative nya di new media terhadat manusia adalah info dari media tersebut tanpa batas dan dapat masuknya budaya luar melalui media baru ini,jika tidak di dasarkan kepada ilmu pengetahuan maka akan menimbulkan hal-hal yang negative terhadap masyarakat. Dapat mengakses situs yang berbau porno dan kekerasan dengan mudah dan memberikan efek ketagihan bagi penggunanya. Jadi sudah seharusnya perkembangan new media diikuti juga dengan kebijakan orang yang memanfaatkannya.
Manfaat NEW MEDIA
Dalam memanfaatkan NEW MEDIA ini memiliki berbagai bidang, diantaranya :
1.      Bidang Sosial
Dalam bidang ini banyak menyita perhatian masyarakat, karena dengan adanya NEW MEDIA berupa jejaring social ini, masyarakat dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya tanpa batas dan waktu secara leluasa. Dan dapat berkomunikasi antar kota, pulau maupun di belahan dunia, dengan mengaksesnya secara mudah. Jejaring social ini seperti : facebook, twitter, whatsaap,line,instagram, gmail, yahoo messanger dan lain-lain.
2.      Bidang dagang
Di bidang ini masyarakat dengan mudah menjual barang-barangnya dengan mudah, murah,dan cepat, karena tanpa adanya menyewa sebuah toko. Dalam hal ini disebut juga online shop. Karena menjualnya secara online maupun lewat social media seperti twitter, instagram atau lapak online seperti bukalapak, lazada, tokopedia, dan lain-lain.
3.      Bidang Pendidikan
Dalam bidang ini dapat memudahkan bagi pengajar dan mengajar dalam materi. Bisa melalui search engine kita bisa mendapatkan segala informasi, atau dengan fasilitas E-book, fasilitas email juga bisa membantu dalan proses mengerjakan tugas atau saling tukar informasi.

Komponen NEW MEDIA
Pada NEW MEDIA ini ada beberapa komponen, diantaranya sebagai berikut:
1.      Produsen
Merupakan orang yang membuat atau membentuk sebuah komponen.
2.      Distributor
Merupaka sebuah perantara antara sarana media ke pemakai sarana itu sendiri
3.      Konsumen
Orang yang berperan dalam memakai sebuah sarana media
Aplikasi NEW MEDIA
1.      Jejaring social
Seperti Facebook, twitter, instagram, yahoo messanger, gmail, skype
2.      Online shop
Seperti Bukalapak, LAZADA, Tokopedia, Blog, Jejaring Sosial, KASKUS, dan lain-lain
3.      Informasi / pendidikan
Seperti GOOGLE, YAHOO!!, Wikipedia, youtube,televise analog, dan lain-lain




Tidak ada komentar:

Posting Komentar