MAKALAH
PENGANTAR TEKNOLOGI INTERNET DAN NEW MEDIA
"DEFINISI NEW MEDIA"
ADI PRATAMA
50415130
2IA16
UNIVERSITAS GUNADARAMA
Pengertian NEW MEDIA
NEW MEDIA terdiri dari
2 suku kata yaitu, “new” dan “media” , yang memiliki arti new adalah baru dan
media adalah perantara. Jadi new media merupakan tempat sarana perantara yang
baru. NEW MEDIA juga disebut sebagai sarana teknologi di bidang computer, digital dan jaringan yang
dapat dilihat sebagai efisisen efektifitas, waktu, dan distribusinya.
Menurut everett m. Rogers (dalam abrar, 2003:17-18) merangkumkan
perkembangan media komunikasi ke dalam empat era. Pertama, era komunikasi
tulisan, kedua, era komunikasi cetak, ketiga, era telekomunikasi, dan keempat,
era komunikasi interaktif. Media baru adalah media yang berkembang pada era
komunikasi interaktif.
Pandangan
NEW MEDIA
Pandangan
new media terhadap manusia memiliki
pengaruh positif dan negative. Positif nya karakternya yang merupakan bentuk digital tentu memudahkan
dalam bertukar informasi dan berbagai kegiatan lainnya. Dan info
dari media sangat mudah dan sangat cepat,dapat di akses di mana pun serta
mendapatkannya sangat lah murah. Negative nya di new media terhadat manusia
adalah info dari media tersebut tanpa batas dan dapat masuknya budaya luar
melalui media baru ini,jika tidak di dasarkan kepada ilmu pengetahuan maka akan
menimbulkan hal-hal yang negative terhadap masyarakat. Dapat mengakses situs yang berbau porno dan
kekerasan dengan mudah dan memberikan efek ketagihan bagi penggunanya. Jadi
sudah seharusnya perkembangan new media diikuti juga dengan kebijakan orang
yang memanfaatkannya.
Manfaat NEW MEDIA
Dalam memanfaatkan NEW
MEDIA ini memiliki berbagai bidang, diantaranya :
1. Bidang Sosial
Dalam bidang ini
banyak menyita perhatian masyarakat, karena dengan adanya NEW MEDIA berupa
jejaring social ini, masyarakat dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya
tanpa batas dan waktu secara leluasa. Dan dapat berkomunikasi antar kota, pulau
maupun di belahan dunia, dengan mengaksesnya secara mudah. Jejaring social ini
seperti : facebook, twitter, whatsaap,line,instagram, gmail, yahoo messanger
dan lain-lain.
2. Bidang dagang
Di bidang ini
masyarakat dengan mudah menjual barang-barangnya dengan mudah, murah,dan cepat,
karena tanpa adanya menyewa sebuah toko. Dalam hal ini disebut juga online
shop. Karena menjualnya secara online maupun lewat social media seperti
twitter, instagram atau lapak online seperti bukalapak, lazada, tokopedia, dan
lain-lain.
3. Bidang Pendidikan
Dalam bidang ini dapat
memudahkan bagi pengajar dan mengajar dalam materi. Bisa melalui search engine kita bisa mendapatkan segala informasi,
atau dengan fasilitas E-book, fasilitas email juga bisa membantu dalan proses
mengerjakan tugas atau saling tukar informasi.
Komponen NEW MEDIA
Pada NEW MEDIA ini ada
beberapa komponen, diantaranya sebagai berikut:
1. Produsen
Merupakan orang yang
membuat atau membentuk sebuah komponen.
2. Distributor
Merupaka sebuah
perantara antara sarana media ke pemakai sarana itu sendiri
3. Konsumen
Orang yang berperan
dalam memakai sebuah sarana media
Aplikasi NEW MEDIA
1. Jejaring social
Seperti Facebook,
twitter, instagram, yahoo messanger, gmail, skype
2. Online shop
Seperti Bukalapak,
LAZADA, Tokopedia, Blog, Jejaring Sosial, KASKUS, dan lain-lain
3. Informasi / pendidikan
Seperti GOOGLE,
YAHOO!!, Wikipedia, youtube,televise analog, dan lain-lain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar