Jumat, 29 April 2016

TUGAS ILMU BUDAYA DASAR : " ANALISIS DAMPAK MODERNISASI TERHADAP TEKNOLOGI GADGET"

MAKALAH
ILMU BUDAYA DASAR
ANALISIS DAMPAK MODERNISASI TERHADAP
 TEKNOLOGI GADGET




ADI PRATAMA
50415130
1IA03


UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
TEKNIK INFORMATIKA

Pendahuluan
I.       Latar belakang
Masuknya era globalisai telah mempengruh terhadap perkembangan teknologi. Perkembangan teknolgi ini sangat pesat di sebagian dunia, karena siftnya simple dn mobile atau dapat digunakan dimanapun dan kapanpun. Teknolgi yang sangat pesat pada saat ini yaitu gadget.
Gadget merupakan sesuatu hal yang penting pada era globalisasi ini. Bahkan saat ini gadget bukanlah barang sekunder, akan tetapi barang primer yaitu barang yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Karena gadget dapat mempermudah pekerjaan manusia sehari-sehari.
      Banyak sekali Berbagai macam gadget pada zaman ini, contohnya : handphone, tab, computer, dll.
Dengan demikian, kecanggihan-kecanggihan teknologi yang hadir dapat menimbulkan banyak dampak dalam kehidupan kita entah itu yang positif ataupun  dampak negatif. Gadget dapat menguntungkan manusia juga bisa mendegradasi manusia dari yang semestinya. Maka tetap bersikap cerdaslah dalam menggunakan gadget agar hidup dengan gadget lebih baik daripada hidup tanpanya.

Pembahasan
A.    Pengertian Modernisasi
Wilbert E Moore yang menyebutkan Modernisasi adalah adalah suatu transformasi total kehidupan bersama yang tradisional atau pra modern dalam arti teknologi serta organisasi sosial ke arah pola-pola ekonomis dan politis yang menjadi ciri Negara barat yang stabil.
 menurut J W School, modernisasi adalah suatu transformasi, suatu perubahan masyarakat dalam segala aspek-aspeknya.
Soerjono Soekanto mengemukakan bahwa sebuah modernisasi memiliki syarat-syarat tertentu, yaitu sebagai berikut :
·         Cara berpikir yang ilmiah yang berlembaga dalam kelas penguasa ataupun masyarakat.
·         Sistem administrasi negara yang baik, yang benar-benar mewujudkan birokrasi.
·         Adanya sistem pengumpulan data yang baik dan teratur yang terpusat pada suatu lembaga atau badan tertentu.
·         Penciptaan iklim yang menyenangkan dan masyarakat terhadap modernisasi dengan cara penggunaan alat-alat komunikasi massa.
·         Tingkat organisasi yang tinggi yang di satu pihak berarti disiplin, sedangkan di lain pihak berarti pengurangan
Negara Indonesia sekarang ini sudah mencapai tahap pemikiran yang sangat modern, Indonesia sendiri sudah mampu menciptakan alat-alat teknologi yang praktis dan efisien seperti layaknya yang ada di kehidupan kita sehari – hari seperti Televisitelepon genggamkomputer, laptop, dan lainnya, sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang digunakan pun memiliki kajian – kajian penting dalam proses kemajuan dan perkembangan teknologi yang membuat Indonesia lebih modern.
Karena sumber daya inilah pihak Indonesia bekerja sama dengan Negara lain dan saling melengkapi kebutuhan antara satu dengan Negara lainnya. Sehingga menciptakan kemajuan yang ada pada Indonesia dari sisi modernisasi maupun teknologinya. Indonesia sedang berada dalam masa-masa transisi dan penyesuaian di mana modernisasi danglobalisasi kian kuat masuk secara bertahap ke dalam Indonesia. Bukan hanya itu modernisasi juga sangat terpengaruh dengan majunya teknologi – teknologi yang ada pada Negara Indonesia sendiri.


B.    Pengertian Gadget
1.    Gadget adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Inggris,
yang artinya perangkat elektronik yang memiliki berbagai fungsi dan multiguna. Gadget bukanlah barang elektronik biasa. Karena gadget merupakan barang elektronik yang memiliki teknologi canggih. Gadget menjadi teknolgi tercanggih karena gadget dapat berinteraksi terhadap manusia. Perbedaan gadeget dengan barang elektronik lainnya yaitu gadget dapat diperbaharui setiap zamannya . Artinya, dari hari ke hari gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia menjadi lebih praktis.






2.    Gadget adalah sebuah obyek (alat atau barang elektronik)
teknologi kecil yang memilki fungsi khusus dan multifungsi, tetapi sering diasosiasikan sebagai sebuah inovasi atau barang baru. Gadget dapat diartikan sebuah elektronik pintar Karena dapat mengerjakan atau memnbantu pekerjaan manusia. Oleh karena itu gadget merupakan barang elektronik yang selalu di perbaharui.

C.     Perkembangan gadget
Pada awalnya gadget merupakan sebuah barang sekunder, akan tetapi berkembangnya zaman, gadget berubah menjadi barang primer. Akan tetapi tidak semua masyarakat umum yang mengikuti perkembangan gadget, karena Bagi yang tidak terpengaruh, mereka santai saja menjalani kehidupan seperti biasa dengan gadget seadanya dan tidak terlalu memusingkan hal tersebut untuk mendapatkan gadget terbaru dengan segala pemikiran.  Dan bagi yang mengikuti perkembangannya, mereka selalu membeli gadget-gadget terbaru untuk memenuhi kehidupan sehari-hari.
Di negeri Paman Sam Amerika HP pertama kali digunakan. Saat itu sekitar tahun 1947 alat canggih ini mulai di komersilkan dan menyebar keseluruh penjuru dunia. Teknologi dari tahun ke tahun memang berkembang pesat seperti halnya alat elektronik HP ini. HP berkembang dari genereasi ke-0 hingga generasi ke-4.
Generasi ke-0 (0G)
Berawal dari pesawat radio HT (handy talky) HT dapat berkomunikasi karena terdapat pemancar dan penerima pada masing-masing perangkat.
Generasi ke-1 (1G)
Pada generasi ke-1 mulailah menuju ke masa kini. Alat ini mengubah layaknya jaman monocrhome ke jaman berwarna. Telpon Seluler namanya. Telpon seluler mempunyai berat 800 gram dan memiliki antena dan memiliki safat analog yang berjalan di frequensi sekitar  825Mhz s/d 894Mhz.
Generasi ke-2 (2G)
Dari sinyal analog, munculah sinyal digital pada tahun 1990. terdapat dua jaringan nirkabel yaitu GSM di Eropa dan CDMA di Amerika. Telpon seluler pada generasi ke-2 ini sangat diunggulkan pada masa itu karena memiliki fitur yang canggih diantaranya, pesan suara, panggilan tunggu, dan SMS (short message service).
Generasi ke-3 (3G)
Internet mulai berada di genggaman pada generasi ke-3 ini. Memiliki jangkauan yang luas hingga penjuru dunia dan dapat berkomunikasi menggunakan video call karena sudah dilengkapi dengan adanya kamera. Di generasi ke -3 ini lebih menjuru ke multimedia.

Generasi ke-4 (4G)
HP pada masa generasi ke-4 (sekarang) lebih dikenal dengan sebutan smartphone. Sangat dekat dengan manusia. Hampir sebagian pekerjaan manusia dibantu oleh smartphone ini. Alat canggih ini mengintegrasikan teknologi wireless yang sudah ada seperti bluetooth, tething dan lain-lain sehingga user dapat bekerja dimanapun dan kapanpun. Jaringan pada smartphone ini sudah 4G. Memberikan penggunanya kecepatan tinggi, suara yang tinggi dan jernih, jangkauan luas, kualitas baik. Smartphone ini sudah berbasis super multi media karena dilengkapi dengan fitur game online yang mempunyai visualitas yang tinggi.

D.   Dampak penggunaan gadget
1.       Dampak Positif Gadget
Sebagai suatu alat yang membantu manusia dan dapat menyelesaikan pekerjaan manusia.
Dampak positif yang kita terima meliputi berbagai aspek kehidupan. Adapun dampak positif dari gadget dalam kehidupan ialah sebagai berikut :
-          Segi Komunikasi
      Dahulu, kita jika ingin berkomunikasi harus bertatap muka atau saling bertemu, akan tetapi dengan adanya gadget , berkomunikasi jarak juh antar kota, provinsi maupun Negara bias terhunbung dalam komunikasi
-          Segi Sosial
      Kita dapat banyak teman dalam menggunakan gadget ini, dan hali ini memudah kan kita untuk berbagi kabar, atau berita kepada teman-teman kita yang berjarak berjauhan, dengan ini kita juga dapat informasi –informasi dengan cepat dari teman-teman kita yang berada disana.
-          Segi Pendidikan
      Dengan adanya gadget, seorang siswa menjadi lebih mudah dalam mencari informasi mengenai pelajaran yang sedang ia pelajari. Seorang siswa dituntut menjadi seorang yang kreatif dalam menambah ilmu pengetahuan, dan tidak hanya terpaku dari ajaran guru dan ilmu yang di dapat di sekolah.
2.       Dampak Negative Gadget
Tak heran jika sekarang ini banyak manusia yang lebih nyaman menghabiskan waktunya bersama gadget dibandingkan dengan sesama manusia. Hal ini dapat menyebabkan manusia menjadi cenderung tak acuh dengan kehidupan di lingkungan sekitarnya.
Beberapa dampak negatif lain dari gadget di lihat dari beberapa segi kehidupan ialah :
-          Segi Kesehatan
Dapat meningkatnya kanker yang disebabkan oleh radiasi pada gadget dan cahaya yang diperoleh dari gadget menyebabkn kerusakan mat atau mata menjdi rabun.
-          Segi Budaya
Lunturnya adat dan budaya daerah yang dikarenakan sibuk dengan gadget dan menghilangkan rasa nasionalisme
-          Segi social
Menjadikan manusia cenderung autis dan asik sendiri dengan gadget nya sehingga tidak menghiraukan lingkungan sekitar.Tidak bisa mengontrol diri akibat sosialisasi yang terjadi secara tidak langsung
-          Segi ekonomi
Banyaknya terjadi penipuan dikarenakan mudahnya kemudahan yang disuguhkan dari fitur-fitur yang ada di gadget.Keuangan yang tidak stabil di dalam keluarga dikarenakan harus menuruti keinginan anaknya untuk membeli gadget yang baru.
E.      KESIMPULAN
Gadget adalah suatu piranti atau alat yang memiliki tujuan dan fungsi yang praktis dan spesifik yang berguna dan umumnya diberikan terhadap sesuatu yang baru dan merupakan sesuatu yang tidak biasa dan selalu didesain lebih pintar dari teknologi yang ada. Contohnya adalah komputer, handphone, tablet, game console, dan lain-lain.
Gadget yang sangat banyak digunakan saat ini ialah smartphone dan tablet. Ukurannya yang kecil dan mudah dibawa kemana-mana, dan juga sangat praktis, membuat gadget jenis ini sangat diminati oleh penggunanya.
Banyak dampak positif yang didapat dari penggunaan gadget, seperti menjadikan komunikasi menjadi lebih mudah dan praktis dari segi komunikasi, menambah banyak teman dari segi sosial, dan juga menambah wawasan dan ilmu pengetahuan dari segi pendidikan.
Gadget juga memberikan dampak negatif seperti pada dapat menyebabkan kerabunan, memudarkan rasa nasionalisme, menjadikan manusia menjadi apatis, sampai maraknya penipuan dan ketidakstabilan kondisi ekonomi keluarga akibat keinginan memiliki gadget.




DAFTAR PUSTAKA










Tidak ada komentar:

Posting Komentar